Home Lifestyle Service Mobil Berkala Agar Performa Mesin Tetap Terjaga
Lifestyle

Service Mobil Berkala Agar Performa Mesin Tetap Terjaga

Service mobil atau perawatan kendaraan memang harus dilakukan berkala, khususnya bagi pemilik mobil baru. Pengerjaan perawatan kendaraan ini tentu berbeda karena menyesuaikan kebutuhannya. Namun sayangnya, tidak semua orang paham dan terkadang abai dengan kewajiban tersebut. Padahal menjaga performa mesin hanya bisa dilakukan melalui servis berkala.

Bagi pemilik mobil baru, Anda wajib tahu bawa kendaraan juga butuh dirawat setelah mencapai jarak tempuh 1000 km. Apabila mobil tersebut telah mencapai jarak tempuh 1000 km pertama, maka ada beberapa pengecekan komponen mesin yang dilakukan oleh bengkel resmi. Mesin akan dicek dan dibersihkan sedangkan oli transmisi, oli mesin, oli power steering, minyak rem, kopling serta air radiator merupakan komponen yang wajib dicek nantinya.

Macam-macam Perawatan Mobil yang Harus Dilakukan Rutin

Mobil biasanya harus diservis kembali ketika telah mencapai jarak 5000 km. Akan ada penggantian beberapa komponen dalam waktu selama kurang lebih 3 sampai 4 bulan. Perawatan rutin memang harus didapatkan mobil supaya kinerja mesin tetap bagus seperti biasa.

Jika pihak bengkel hanya melakukan pengecekan terhadap komponen kendaraan yang telah mencapai jarak tempuh 1000 km, maka pada servis kendaraan yang sudah menempuh jarak 5000 km pihak bengkel akan menyarankan memiliki untuk mengganti oli mesin mobilnya.

Beberapa komponen pendukung juga akan dicek oleh bengkel, mulai dari komponen sistem steering, kampas rem hingga cairan mobil. Penggantian filter oli juga dilakukan pada saat penggantian oli mesin dilakukan. Untuk lebih informasi lebih jelas terkait masalah macam-macam perawatan mobil yang harus rutin dilakukan ada dalam penjelasan berikut.

Servis Berkala 10.000 Km

Setelah mobil menempuh jarak 10000 km maka akan ada lebih banyak pemeriksaan yang dilakukan ketika servis rutin ini. Masa pakai kendaraan tersebut juga telah memasuki bulan ke 6 jalan. Jadi, komponen-komponen mesin akan lebih detail diperiksa bengkel.

Rem yang berada di keempat roda mobil akan dicek dan dibersihkan oleh pihak bengkel. Kemudian akan ada penggantian pada oli transmisi dan oli mesin sekaligus. Selain itu, ada menu wajib yang harus diperiksa mulai dari balancing, rotasi ban menyilang hingga spooring. Biaya keseluruhan dari pengecekan dan penggantian tersebut tidak ada nominal pastinya karena masing-masing bengkel memasang tarif jasa berbeda-beda.

Servis Berkala 15.000 Km

Servis berkala selanjutnya yang harus dilakukan pemilik kendaraan roda empat ini adalah pada saat jarak tempuh telah mencapai 15000 km. Sama ketika yang dilakukan bengkel saat servis rutin setelah 5000 km, akan ada beberapa pengecekan terhadap item-item penunjang performa. Mulai dari penggantian minyak-minyak, oli, fluida, suspensi, air radiator serta pengecekan baut kolong. Kegiatan perawatan mobil ini akan dilakukan setelah 30000 km, 45000 km dan seterusnya sesuai kelipatan.

Servis Berkala 20.000 Km

Memasuki usia pakai 1 tahun, pengecekan item-item mobil juga wajib dilakukan rutin oleh pemiliknya. Dibutuhkan waktu yang cukup panjang ketika memeriksakan kendaraan roda empat yang telah menempuh jarak tersebut.  Ada banyak item atau komponen mesin yang perlu dicek bengkel. Sebenarnya, servis berkala 20000 km ini sama dengan 1000 km. Namun hanya ada beberapa tambahan saja dalam tahap ini.

Penggantian dan pembersihan akan dimulai dari rem semua roda, klep, saringan udara, throttle body, filter AC, kalibrasi idle, balancing dan spooring hingga busi. Pabrikan otomotif biasanya akan memberikan biaya jasa gratis 20000 km sebagai masa terakhirnya.

Ingin Tune up Mobil? Gunakan Jasa Online dari Montir.id

Tune up atau kegiatan perawatan mobil rutin mengharuskan pemilik menyiapkan sejumlah biaya. Kisaran harga yang harus disiapkan berbeda-beda, tergantung seberapa banyak komponen yang dibersihkan atau diganti bengkel nanti. Semakin banyak item yang harus diganti maka semakin mahal pula harga yang harus dibayar pemilik mobil tersebut.

Namun berbeda jika Anda menggunakan layanan bengkel online dari Montir.id. Pernahkah Anda mendengar layanan bengkel online bernama Montir.Id sebelumnya? Aplikasi atau situs online ini merupakan layanan bengkel yang khusus dibuat oleh suatu perusahaan dengan tujuan membantu pemilik mobil yang malas pergi ke bengkel langsung.  Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga menarik yang bisa disesuaikan budget dari Montir.Id. Selain itu, Anda bisa membuat jadwal service dan memakai jasa montir panggilan dari layanan online ini.

Author

admin

shares