Home Kesehatan Perkembangan Janin Usia Kandungan 7 Minggu
Kesehatan

Perkembangan Janin Usia Kandungan 7 Minggu

Menyimak perkembangan janin dari minggu per minggu memang menjadi hal yang menyenangkan bagi ibu hamil. Ya, dengan hal ini, mereka bisa melihat bagaimana janin yang ada di dalam kandungan berproses menjadi bayi. Nah, ketika usia kandungan 7 minggu, ada beberapa perkembangan janin yang cukup signifikan terjadi.

Usia kandungan yang memasuki minggu ke-7 memang bisa dikatakan masih usia muda. Oleh karenanya, ibu hamil harus melakukan beberapa hal untuk menjaga kandungan tersebut agar senantiasa sehat.

Namun, dalam usia tersebut terjadi perubahan yang cukup mendasar pada janin. Apa saja perkembangan yang terjadi pada janin di usia 7 minggu? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Beberapa Perkembangan Janin Usia 7 Minggu

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa perkembangan janin di usia 7 minggu yang harus menjadi perhatian ibu hamil. Dengan memperhatikan perkembangan tersebut, maka ibu hamil bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga kondisinya.

Adapun beberapa perkembangan janin pada usia 7 minggu adalah sebagai berikut:

  • Ukuran janin sebesar biji apel

Kandungan yang berusia 7 minggu merupakan usia kandungan yang masih cukup muda. Oleh karenanya, ukuran janin pun bisa dikatakan masih sangat kecil. Nah, dalam hal ini, menurut pada dokter, janin yang berusia 7 minggu memiliki ukuran fisik sebesar biji apel atau baru sekitar 1,27 cm saja.

Namun, meskipun ukuran janin tersebut masih sangat kecil, ari-ari bayi sudah mulai terbentuk. Ari-ari inilah yang nantinya akan menyediakan beragam jenis nutrisi dan juga oksigen yang diperlukan oleh janin untuk bisa tumbuh dengan sehat tanpa adanya kendala hingga waktu persalinan tiba.

  • Wajah, lengan dan kaki mulai terbentuk

Pada usia kandungan 7 minggu, beberapa bagian janin seperti wajah, lengan dan kaki sudah mulai terbentuk. Ini adalah salah satu momen yang cukup membahagiakan bayi ibu hamil karena mereka bisa melihat tampilan fisik dari buah hati yang ada di dalam rahimnya.

Tentu saja, pembentukan beberapa anggota tubuh janin yang berusia 7 minggu tersebut masih cukup sederhana. Oleh karenanya, para dokter mengatakan, janin di usia 7 minggu seolah memiliki dayung kecil yang menjadi awal dari pembentukan tangan.

Kondisi Ibu Hamil di Usia 7 Minggu

Selain perkembangan janin di usia 7 minggu, perubahan pada tubuh ibu hamil juga harus diperhatikan agar mereka tidak kaget dengan perubahan yang ada. Salah satu perubahan yang terjadi adalah rahim yang akan membesar dan lendir serviks yang akan terbentuk.

Perlu diketahui lendir serviks adalah salah satu hal yang cukup penting di rahim. Dalam hal ini, lendir akan menjadi pelindung rahim dan juga menjadi bagian kontrol dari rahim saat membuka dan menutup.

Nah, beberapa hal di atas merupakan apa yang terjadi di usia kandungan 7 minggu. Bagi ibu hamil, melakukan konsultasi pada dokter menjadi penting untuk memastikan kandungan tetap sehat.

Deskripsi: usia kandungan 7 minggu adalah salah satu tahapan yang cukup penting di mana terjadi beberapa perkembangan janin yang cukup signifikan.

Author

admin

shares