Home Others Mengenal Tentang Industri Kreatif Indonesia
Others

Mengenal Tentang Industri Kreatif Indonesia

Sejak dicanangkannya Revolusi Industri 4.0 maka secara tidak langsung mendorong perkembangan industri kreatif Indonesia ke arah yang lebih baik. Para pelaku bisnis kreatif pun sekarang mulai marak dan peluang ini terbuka bagi siapa saja yang datang dengan inovasi.

Ciri Industri Kreatif Indonesia

  • Kreasi intelektual

Mengusung nama kreatif, tentu saja semua hal yang berkaitan dengan industri ini bermuara pada kreativitas. Misalnya saja para seniman, mereka adalah contoh pelaku industri kreatif. Untuk bisa terus diminati, tentunya mereka harus menghasilkan karya dengan proses kreativitas yang berbeda-beda.

Selain itu, pengaruh talenta dan juga keahlian di bidang tersebut juga menjadi pendorong sebuah usaha kreatif bisa berkembang dengan baik. Perpaduan ketiga unsur ini umumnya adalah penggerak munculnya sebuah industri kreatif.

  • Mudah Tergantikan

Dengan terbukanya akses terhadap informasi, maka mau tidak mau juga berdampak pada produk industri kreatif. Ketika sebuah usaha muncul, akan ada banyak usaha serupa yang akan ikut muncul. Maka nantinya, akan ada seleksi alam yang akan menyisakan usaha yang benar teruji.

Hal ini adalah hal yang lumrah dalam industri kreatif. Maka dari itu, kreativitas harus selalu diasah dan juga mampu melihat potensi pergerakan tren pasar jauh ke depan.

  • Penyediaan Langsung dan Tak Langsung

Pendistribusian produk yang dihasilkan oleh industri kreatif tidak selalu dilakukan langsung dari produsen ke konsumen. Sekarang ini, ada banyak pihak ketiga yang juga dapat dijadikan perantara guna mengantarkan sebuah produk kepada konsumennya.

Walaupun penyediaan barang secara langsung masih tetap juga diminati, tetapi seiring dengan tempo hidup masyarakat kekinian yang semakin cepat, maka penyediaan tak langsung pun juga meraih persentase yang tinggi.

  • Butuh Kerjasama

Industri kreatif tidak bisa berdiri sendiri. Selain kerjasama antar subsektor, industri ini juga membutuhkan kolaborasi dengan pemerintah dan juga para pengusaha di bidang lain. Bahkan, agar bisa berkembang dengan baik, para pelaku industri kreatif juga membutuhkan keterampilan para intelektual.

Contoh industri kreatif di Indonesia yang saling berkaitan antara lain ojek daring dengan perusahaan pembiayaan atau startup marketplace dengan beberapa UKM yang menjadi mitra mereka serta di dukung oleh kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif melalui website resminya klik disini.

  • Tidak Terbatas

Kemunculan produk dari industri kreatif memang tidak terbatas. Selama masih ada orang yang mau melakukan inovasi dan berkreasi, maka produk industri ini akan terus ada dan berkembang. Produknya pun tidak hanya sebatas desain, seni pertunjukan maupun kuliner saja, namun juga desain bangunan hingga pertelevisian.

Manfaat Ekonomi Kreatif

  • Menyediakan Lapangan Kerja

Ketika kamu membuka sebuah kedai kopi kekinian, tentu salah satu pendukung kesuksesan bisnismu adalah karyawan dan pekerja yang membantu operasional. Dengan demikian, bisa dikatakan kamu membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang membuka toko secara daring yang membutuhkan admin, atau pengusaha kuliner yang membutuhkan pengantar untuk mengantarkan pesanan kepada pelanggannya.

  • Mengurangi Pengangguran

Masih ada kaitannya dengan penyediaan lapangan kerja, industri kreatif juga mampu mengurangi tingkat pengangguran. Tentu saja, ketika ada lapangan kerja yang tersedia, akan ada penyerapan tenaga kerja. Semakin banyak usaha yang dibuka, maka makin sedikit pengangguran yang ada di daerah tersebut.

Selain itu, secara tidak langsung, para pelaku industri kreatif yang digawangi oleh bekraf ini sudah menggerakkan roda perekonomian dan mengurangi tindak kejahatan yang biasanya bermotifkan ekonomi.

  • Menciptakan Masyarakat Kreatif dan Inovatif

Industri kreatif membuka peluang bagi seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mengoptimalkan kelebihan mereka. Kreativitas dan inovasi akan terus dapat dikembangkan, sebab ide satu orang dengan orang lain sedikit banyak pasti berbeda.

Jika beberapa tahun lalu kamu hanya melihat pelepah pisang sebagai sisa pohon pisang saja, namun sekarang kamu bisa mencicipinya sebagai keripik. Ini adalah salah satu contoh inovasi dan kreativitas yang bisa saja terus mengalami pergerakan yang baik.

  • Mampu Berkompetisi

Semakin banyak orang yang terjun ke dalam industri kreatif ini, maka akan semakin banyak kompetitor yang hadir. Namun hal ini tidak perlu dipandang sebagai hal yang negatif. Kompetisi akan selalu menghadirkan inovasi, yang tentunya bisa menjadi hal baik.

Industri kreatif Indonesia memiliki potensi besar yang harus terus digali. Munculnya startup yang sudah menjadi unicorn adalah salah satu bukti bahwa industri ini tidak kalah saing dengan produk yang berasal dari luar.

Author

admin

shares