Home Lifestyle Jauhi 6 Makanan Tinggi Kolesterol Ini Agar Tubuh Tetap Fit
Lifestyle

Jauhi 6 Makanan Tinggi Kolesterol Ini Agar Tubuh Tetap Fit

Banyak dari kita yang merasa kondisi kurang fit pada tubuh disebabkan oleh kelelahan atau akibat cuaca yang tidak menentu. Nyatanya, makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita. Banyak makanan tinggi kolesterol menjadi pemicu kesehatan menurun. Gejalanya pun beragam dan sering disalah artikan karena menyerupai gejala penyakit lainnya. Seperti sakit kepala dan badan terasa nyeri atau linu.

Jenis Makanan Tinggi Kolesterol

Terdapat beberapa jenis makanan yang menjadi pemicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh kita, diantaranya sebagai berikut:

1.     Junk Food dan Instan Food

Makanan cepat saji merupakan makanan tinggi kalori dan sebagian besar mengandung lemak jenuh yang juga tidak kalah tinggi. Begitupun makanan instan seperti mie instan. Bila Anda terpaksa konsumsi makanan cepat saji atau instan, biasakan imbangi dengan asupan bernutrisi seperti buah dan sayur.

2.     Jeroan

Tidak perlu diragukan, makanan yang terdapat jeroan di dalamnya sudah pasti tidak baik untuk dikonsumsi. Apalagi bagi penderita kolesterol tinggi, hipertensi, penderita asam urat, obesitas, dan lainnya. Lemak di dalam jeroan adalah lemak jenuh. Belum lagi metode memasaknya yang secara umum banyak menggunakan santan atau pun digoreng dalam minyak.

3.     Kulit Ayam

Selain jeroan, bagian ayam yaitu kulit pun mengandung banyak lemak yang saat dimasak dengan cara digoreng semakin tidak baik untuk dikonsumsi sering-sering. Kulit ayam yang digoreng pun lebih banyak mengandung lemak dibanding kulit ayam yang direbus.

4.     Seafood

Anda penggemar makanan laut? Lebih baik kurangi konsumsi makanan laut karena tinggi kolesterol. Walau dimasak dengan cara direbus atau kukus, pada dasarnya makanan laut memang memicu naiknya kolesterol dan tekanan darah. Ini alasan mengapa ada sebagian orang yang merasa sakit kepala setelah konsumsi makanan laut. Meski rata-rata makanan laut mengandung banyak omega 3 dan 6.

5.     Es Krim

Makan es krim saat cuaca panas memang pilihan terbaik, tetapi ingatlah bahwa es krim adalah salah satu kudapan yang kandungan kolesterol dan kalorinya cukup tinggi. Sebab es krim umumnya terbuat dari campuran susu full cream, telur, gula, dan lemak tidak sehat. Belum lagi bila dicampur dengan bahan lainnya yang sama-sama tinggi kalori seperti cokelat manis, selai stroberi, dan semacamnya.

6.     Whipping Cream

Whipping cream yang sering melengkapi kue tart, minuman, hingga dessert cantik mengandung kalori tinggi yang juga mengandung lemak jenuh. Biasanya whipping cream mengandung 30% lemak susu. Ditambah hidangan utamanya seperti cake yang mengandung banyak telur dan mentega, serta minuman racikan barista yang sama-sama mengandung banyak gula dan susu.

Menghindari konsumsi makanan tinggi kolesterol dan mengganti menu sehari-hari dengan menu rendah kalori dan rendah lemak menjadi cara terbaik dalam menjaga kesehatan dari dalam, serta diikuti olahraga rutin dan istirahat cukup.

Author

admin

shares