Home Parenting Jangan Bingung, Kenali Akibat dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sejak Dini
Parenting

Jangan Bingung, Kenali Akibat dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sejak Dini

Dalam setiap perkembangan manusia, selalu ada hal yang perlu dilakukan agar terjadi pemenuhan nutrisi seseorang. Namun, pada usia balita, anak-anak cenderung mengalami sulit makan. Hal ini bisa disebabkan oleh belum bisa beradaptasinya balita terhadap makanan berat. Padahal dalam usia tersebut, perkembangan sedang berada pada fase yang sangat penting mengingat perkembangan tullang, otot, gigi, otak, dan jaringan lain sedang pada fase yang paling pesat. Maka apabila sampai terjadi kekurangan nutrisi, pertumbuhan anak di usia selanjutnya dapat mengalami gangguan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa cara mengatasi anak susah makan.

Apa Akibat Jika Anak Sulit Makan Dibiarkan

Periode balita adalah saat-saat di mana anak mengalami perkembangan pesat. Jika dibiarkan, nantinya Anak bisa mengalami pertumbuhan yang kurang optimal misalnya tubuh menjadi kurus atau bahkan kurang gizi. Diantara penyebab anak mengalami sulit makan bisa disebabkan oleh kebiasaan yang kurang baik, budaya setempat atau keluarga, bahkan juga bisa disebabkan oleh adanya kondisi ekonomi atau bisa juga umur. Selain itu bisa juga disebabkan akibat mengonsumsi obat-obatan.

Apa Saja Cara Mengatasi Anak Yang Sulit Makan

Sebagai orangtua, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut agar anak mau diajak makan. Dalam memberikan makan, sebaiknya porsi yang cukup untuk anak dan asupan gizi yang tepat disesuaikan dengan usia anak.

Sebaiknya Anda memberi makanan yang bervariasi yakni jangan yang misalnya daging terus menerus atau sayuran terus menerus. Di samping menu yang bervariasi, Anda juga bisa menyajikan makanan dengan hidangan yang unik agar anak mendapatankan ketertarikan.

 Sebaiknya berikan anak makanan yang bergizi dan mengandung banyak energi dibandingan makanan yang hanya membuat kenyang. Anda dapat memberikan camilan buah-buahan kepada anak. Untuk lebih baiknya, Anda dapat membuat jadwal pemberian makan dan camilan yang tepat.

Selama memberi anak makan, ada baiknya Anda membuat suasana lebih nyaman agar mood anak baik. Pada usia anak tertentu, ada kalanya Anda perlu melatih anak makan sendiri agar suatu saat di usia yang lebih besar, Anak tidak bergantung dengan orangtua yang menyuapi.

Saat Anda hendak menambahkan porsi dan variasi makanan, sebaiknya berikan setelah anak mulai terbiasa dengan kebiasaan sebelumnya. Sebaiknya lama anak makan jangan dipaksa harus cepat. Ada baiknya Anda mengenalkan macam-macam makanan agar dikala besar, selera makan anak baik. Sebagai orangtua juga wajib memastikan makanan yang diberikan kepada anak adalah yang mengandung gizi dan nutrisi.

Demikian mengenai cara mengatasi anak susah makan. Sebenarnya sulit tidaknya anak makan juga ditentukan sejak kecil. Jika anak sudah terbiasa sulit makan, di usia besarnya cenderung akan sulit makan. Maka sebagai orangtua juga perlu untuk mengenalkan makanan. Salah satu pengembang makanan yang bisa Anda pilih adalah makanan produk Nestle di https://sahabatnestle.co.id yang sangat mendukung Anak tercukupi nutrisi dan gizi untuk pertumbuhannya.

Author

admin

shares