Home Parenting Ingin Membentuk Karakter Anak Sejak Dini, Ikuti 5 Tips Ini!
Parenting

Ingin Membentuk Karakter Anak Sejak Dini, Ikuti 5 Tips Ini!

Tak hanya perkembangan fisik saja, Anda wajib memperhatikan dan menstimulasi perkembangan psikis si kecil. Pembentukan karakter anak yang baik sejak dini bisa memberikan manfaat besar di kehidupan kelak. Orangtua harus memantau dan mengarahkan anak agar mau mengeksplor kemampuan diri sendiri. Anak yang kuat dan percaya diri bisa memiliki masa depan lebih cerah, lho! Yuk, kembangkan psikologi anak usia dini yang baik!

Sikap anak yang harus dikembangkan sejak dini

Cara mengajarkan sikap anak harus sesuai dengan perkembangan usia mereka. Metode pengembangan bisa melalui komunikasi dan permainan edukasi. Beberapa sikap anak yang harus dikembangkan sejak kecil dilansir dari HaiBunda.com yaitu :

1. Berani

Anda bisa mengembangkan kemampuan anak dalam berinteraksi dengan lingkungan. Mulai saja mengajak anak berinteraksi dengan hewan, melihat alam terbuka dan lain-lain. Anda harus mengawasi dan ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan bermain si kecil agar stimulasi sikap berani bisa lebih optimal.

2. Meningkatkan kecerdasan

Punya anak yang memiliki kecerdasan otak diatas rata-rata pasti menjadi dambaan orangtua. Namun, kecerdasan anak bisa distimulasi sejak kecil dengan memberikan permainan yang edukatif. Misalnya Anda memilih permainan susun balok atau main lego pada anak usia 3-5 tahun.

3. Kreatif

Ajak anak untuk mengeksplor kemampuan sendiri sebaik mungkin. Anda tidak boleh terlalu khawatir dengan tahap eksplorasi anak, ya! Biarkan anak berkembang lebih kreatif dengan mencoba hal-hal baru.

Sediakan media yang bisa mendukung anak berkembang lebih kreatif dan imajinatif, misalnya menggambar, bernyanyi, membuat hasta karya, menyusun puzzle, dan lain-lain.

4. Simpati

Psikologi anak usia dini berupa rasa simpati dan empati pada orang lain harus dipupuk, ya! Anda perlu mengembangkan sikap anak yang peduli pada orang lain dan lingkungan sekitar. Mulai saja stimulasi rasa peduli dan simpati si kecil dengan memberikan hewan peliharaan, mengajarkan sedekah pada orang lain yang membutuhkan dan sebagainya.

5. Berjiwa kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan bisa dipupuk sejak di kecil usia dini asal Anda konsisten mendidik buah hati. Ajari si kecil tentang kedisiplinan dan kemandirian sejak mereka berusia dini. Misalnya anak harus membereskan mainan setelah digunakan, membereskan tempat tidur sendiri dan hal-hal positif lain.

Mengajarkan jiwa kepemimpinan pada diri sendiri bisa mendukung anak tumbuh berkembang secara optimal. Jika dia bisa menjadi pemimpin untuk diri sendiri, maka peluang anak menjadi sosok pemimpin masyarakat di masa depan bisa terwujud.

5 sikap penting yang harus distimulasi sejak dini, sudahkah Anda menerapkan tips di atas pada buah hati tercinta? Yuk, kembangkan psikologi anak usia dini guna membangun karakter diri yang kuat. Peran orangtua dan keluarga sangat mendukung tumbuh kembang anak dalam arti positif. Sebelum Anda membiarkan anak belajar hidup bermasyarakat, terapkan tips pembentukan karakter di rumah yang baik.

Author

admin

shares