Home Others Cara Merawat Mesin Kopi Espresso Agar Cita Rasanya Tetap Terjaga
Others

Cara Merawat Mesin Kopi Espresso Agar Cita Rasanya Tetap Terjaga

Mempunyai mesin kopi espresso adalah salah satu hal yang menjadi pilihan Anda penikmat kopi. Kemampuan yang dimiliki mesin memang tidak bisa diringankan. Maka Anda perlu menjaga dan merawat mesin kopi agar awet dan tetap berfungsi optimal, tentunya tetap menjaga cita rasa kopi sebagaimana mestinya.

Mesin bisa bekerja baik apabila alat digunakan terus menerus, Anda perlu melakukan perawatan agar mesin tetap awet. Untuk menjaga keawetan mesin, Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Memilih untuk Tidak Menggunakan Bahan Kimia

Beberapa orang menganggap bahwa membersihkan mesin dengan bahan kimia akan membuat mesin bersih. Namun justru dengan bahan kimia, mesin akan terganggu dalam menyajikan kopi. Bayangkan ketika bahan kimia yang digunakan beracun, sudah berapa kadar racun yang masuk ke dalam kopi Anda. Meskipun tampaknya tidak berefek, namun dalam jangka panjang bisa berdampak besar untuk kesehatan Anda. Bahkan cita rasa kopi pun juga akan terganggu.

Membersihkan yang tepat adalah dengan menggunakan lap bersih dan lembut dengan air tanpa bahan pembersih. Kotoran akan terangkat dengan pengelapan karena noda kopi di mesin bukanlah noda yang terlalu membandel.

Membersihkan Mesin dengan Air Biasa bukan Air Panas

Untuk membersihkan, Anda dapat menggunakan NESCAFE Dolce Gusto liquid descaler dicampur dengan setengah liter air. Namun dalam membersihkan jangan pernah gunakan air panas karena beberapa komponen dalam mesin terbuat dari bahan yang mudah pecah oleh air panas seperti porselen, kaca, dan keramik. Berbeda ketika menggunakan air biasa, komponen pada mesin akan lebih awet karena dapat meminimalisir kerusakan.

Untuk Menyikat, Gunakan Bahan yang Halus

Jangan pernah gunakan sikat kawat atau plastik untuk membersihkan mesin. Jika ini dilakukan, beberapa bagian mesin akan mengalami goresan sehingga justru dapat membuat rusak. Supaya aman, sebaiknya Anda gunakan sponge yang lembut. Sponge dengan permukaan lembut tak akan membuat mesin mudah tergores. Dengan begitu, mesin bisa tetap awet.

Gunakan kain lap yang lembut

Setelah mesin berhasil dibersihkan, sebaiknya segera lap mesin Anda karena mesin yang basah jika dibiarkan akan berdampak buruk pada kualitas mesin sesudahnya. Pastikan pula kainnya juga lembut. Menggunakan kain lembut tidak hanya cepat dalam membantu penyerapan air tetapi lap yang lembut juga tak akan membuat mesin menjadi cacat. Dengan begitu, mesin masih bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Ternyata tahu step step dalam membersihkan mesin kopi espresso saja tidaklah cukup.  Anda juga wajib paham apa  saja yang perlu dijaga dalam perawatan mesin. Pertama, Anda perlu menjaga tangki air tetap bersih karena merupakan komponen utama mesin. Kedua, Anda sebaiknya membersihkan wadah penadah menggunakan sikat secara bersih supaya tidak ada kotoran yang tersisa. Ketiga, gunakan air bersih untuk membersihkan sisi kapsul pintar. Keempat, untuk membersihkan mesin NESCAFE Dolce Gusto  jangan gunakan sabun cuci piring supaya tidak mempengaruhi cita rasa kopi. Kelima ketika tidak digunakan, sebaiknya mesin dicabut sambungannya dari listrik. Keenam, sebelum menggunakan mesin pastikan bahwa mesin dalam keadaan kering.

Demikian, mengenai cara merawat mesin kopi espresso. Anda hanya perlu merawat secara rutin supaya mesin tetap awet sehingga secangkir kopi tetap bisa Anda nikmati terus menerus. Selalu luangkan waktu untuk merawat mesin Anda karena perawatan bukanlah setiap hati melainkan  hanya 3 sampai 4 bulan sekali.

 

Author

admin

shares