Home Lifestyle 5 Tips Mencegah Kucing Cacingan
Lifestyle

5 Tips Mencegah Kucing Cacingan

Hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, bisa terkena cacingan meskipun Anda menjaganya agar tidak keluar dari rumah. Cacingan bisa saja karena kucing memakan makanan sembarangan ketika keluar rumah atau karena ada tungau dan kutu di tubuhnya. Kucing cacingan menyebabkan kucing tidak nafsu makan dan juga membuat kucing Anda menjadi sangat lemas.

Mencegah Cacingan pada Kucing

Sebelum fokus pada kucing Anda, sebaiknya Anda juga memperhatikan kondisi lingkungan dan rumah Anda. Lingkungan yang kotor bisa saja memicu pertumbuhan cacing pada tubuh kucing. Oleh karena itu, bersihkan area rumah Anda agar menciptakan lingkungan yang bersih.

Berikut adalah beberapa cara yang perlu Anda perhatikan agar kucing terhindar dari caci di tubuhnya:

1.     Rutin Membersihkan Kandang dan Kotak Pasir

Kandang dan kotak pasir untuk buang air besar atau kecil yang kotor dapat memicu adanya bakteri, infeksi, jamur, dan juga parasit seperti kutu. Bersihkan kandang dan kota pasir kucing Anda beberapa kali dalam seminggu agar mematikan bibit penyakit.

Jemur kandang dan kotak pasir di sinar matahari agar cepat kering serta tidak berjamur. Ketika membersihkan, Anda harus benar-benar memastikan tidak ada sabun yang tertinggal atau cairan seperti desinfektan yang masih menempel karena bisa berbahaya bagi kucing.

2.     Menggunakan Tempat Makan Khusus

Gunakan tempat makan khusus kucing jika Anda memiliki hewan peliharaan lain di rumah. Jika Anda memiliki beberapa kucing, pisahkan tempat makan mereka agar jika ada yang terkena cacing, bisa mencegah penularan satu sama lain.

Bersihkan tempat makan secara rutin. Gunakan sabun yang bebas dengan racun sehingga kucing Anda akan lebih aman saat memakan makanannya.

3.     Teratur Memberi Obat Cacing dan Kutu

Salah satu cara mengatasi kucing cacingan adalah rutin memberikan obat cacing selama tiga bulan sekali. Jika kucing Anda terkena cacing, maka penanganannya berbeda dan tentu akan lebih sering durasinya. Hubungilah dokter untuk menentukan dosis pemberian obat cacing pada saat kucing mengalami cacingan.

Obat anti kutu juga sebaiknya Anda berikan pada kucing. Kutu yang menempel pada kulit kucing bisa membawa larva cacing dan masuk ke dalam tubuh.

4.     Memandikan dan Membersihkan Bulu Secara Teratur

Kucing dengan bulu panjang maupun pendek harus dimandikan secara teratur agar tidak ada telur cacing atau kutu yang menempel. Pilih sampo yang tidak mengandung racun berbahaya. Apabila menggunakan obat anti kutu yang keras, beri collar pada kucing agar dia tidak menjilat bagian belakang badannya.

5.     Membawa ke Dokter Hewan

Upaya untuk mencegah cacing mungkin belum bisa berhasil. Untuk itu, Anda sebaiknya berkonsultasi pada dokter hewan agar mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Rutin membawa ke dokter juga bisa mencegah cacingan lebih dini.

Kucing cacingan dapat menularkan pada hewan lain dan juga manusia melalui air liurnya, misalnya saat kucing menjilat bulu badannya. Karena itu, Anda sebaiknya menggunakan sarung tangan dan juga sering mencuci tangan saat menangani kucing yang terkena cacing.

Author

admin

shares